Selasa, 09 Desember 2014

Ekonomi Koperasi


Credit Union 

Sebelumnya, saya sudah mengepost mengenai pengertian dan sejarah dari Credit Union. Sekarang saya mengepost pembahasannya. Adapun konsep dalam Credit Union:

A. Menabung
Hampir semua uraian juga menyinggung tentang menabung. Kata orang pekerjaan paling sulit adalah menabung. Apalagi akibat kondisi ekonomi dan keuangan saat ini memang memiliki argumentasi yang sangat masuk akal, apa yang mau ditabung. Pemikiran dasar terletak pada ”perasaan” kalau ada kelebihan uang, saya akan menabung dan karena ”perasaan” selalu tidak ada kelebihan uang, maka tidak pernah ada yang ditabung. Padahal kata tuan Robert T. Kiyosaki rezeki yang ada dalam tangan Anda tergantung pada apa yang ada dalam pikiran (perasaan) anda. Kondisi riil keuangan untuk menabung memang selalu tidak terwujud karena pandangan terhadap konsep tabungan juga sudah salah.
Konsep umum tentang tabungan di seluruh dunia adalah :

                        Tabungan = Penghasilan – Kebutuhan.
      Dalam teori ilmu ekonomi (Makro Ekonomi) ada konsep/rumus sederhana mirip yaitu :
                   S (Saving) = Y (Income) – C (Consumption)

Rumus di atas telah menjadi pemahaman umum tentang tabungan. Nampaknya menyebabkan hal yang sama yaitu tidak pernah ada angka penghasilan yang mampu menghasilkan tabungan karena kebutuhan manusia memang tidak ada batasnya. Rumus diatas juga berakibat terhadap pandangan bahwa “Tabungan dan Kebutuhan” adalah dua hal yang berbeda, sebatas hubungan sebab akibat. Karena penghasilan kecil maka tidak ada yang ditabung. Tetapi sebuah keluarga mengatakan walau penghasilan kami sudah naik tiga kali lipat setelah Otonomi Daerah juga tidak dapat menabung karena pengeluaran juga bertambah. Kondisi lain, sebuah keluarga miskin selalu punya uang untuk membeli rokok dalam satu bulan sampai Rp. 300.000,- lebih (2 bungkus/hari @ Rp. 5.000,-  x  30 hari), tetapi menabung misalnya hanya Rp. 10.000,- untuk anak-isteri-cucu tercinta mereka selalu tidak mampu, tidak ada uang. Alasannya sangat masuk akal, rokok adalah kebutuhan, untuk menabung nanti kalau ada lebih. Ini berarti tabungan belum menjadi kebutuhan. Kalau ini yang terjadi maka kondisi ekonomi sebuah keluarga berapa pun besar tambahan penghasilan akan tetap saja seperti sebelumnya. Kebutuhan uang untuk pendidikan anak, kesehatan dan kebutuhan lainnya akan tetap bermasalah. Dengan kata lain kemarin sama hari ini akan sama saja dengan besok. Padahal semua orang bercita-cita hari ini lebih baik dari kemarin, besok lebih baik dari hari ini.

Dalam kegiatan motivasi atau Pendidikan Dasar di Credit Union pandangan, konsep dan rumus di atas diubah (ditantang) dengan pemikiran bahwa :
·         Masa depan akan berubah apabila kita mulai merubahnya mulai hari ini, bukan besok.
·         Untuk mencapai sebuah kondisi (sejahtera) diperlukan konsep (peta jalan) yang jelas, riil dan mampu dibuat oleh siapapun, prospek tabungan (pensiun).
·         Perlu perubahan pandangan terhadap : penghasilan, tabungan dan kebutuhan dengan merubah konsep bahwa tabungan dijadikan kebutuhan utama bila ingin sejahtera, tabungan identik dengan masa depan, kebutuhan menabung lebih dari kebutuhan merokok (minimal disamakan).
·         Fakta membuktikan bahwa ternyata tidak ada hubungan antara penghasilan (gaji) dengan besarnya tabungan. Seorang akademisi dan peneliti dari sebuah Perguruan Tinggi sangat kaget mendengar pernyataan ini. Ini fakta yang tidak memerlukan penelitian. Berapa besar Anda menabung ternyata tidak tergantung penghasilan, tetapi tergantung Anda.
·         Pada dasarnya pekerjaan riil yang pasti mampu dibuat oleh siapa pun dengan mengabaikan dulu besar kecilnya tabungan, adalah menabung.

Rumus di atas dalam Credit Union, menjadi :

 PENGHASILAN – TABUNGAN = KEBUTUHAN,  atau
          KEBUTUHAN  =  PENGHASILAN – TABUNGAN

Melalui pandangan dan rumus ini maka setiap keluarga (orang) akan mampu dan memiliki tabungan berapapun kecilnya penghasilan. Dalam jangka panjang akan menjadi harapan yang dapat diukur. (lihat lampiran 1, menabung hanya Rp. 100.000,- per bulan selama 35 tahun menjadi Rp. 1,2 milyar). Solusi yang mampu dibuat dan riil adalah menabung.


B. Bila Anda Perlu Uang Jangan Pakai Uang Sendiri, Tetapi Pinjam

Bagi yang tidak mengerti konsep Credit Union dan tidak memiliki peta masa depan yang jelas, akan mengatakan ini pekerjaan orang bodoh. Punya tabungan Rp. 2 juta kalau perlu pinjam Rp. 2 juta, kalau punya tabungan Rp. 10 juta, bila perlu pinjam juga Rp. 10 juta atau pinjam dibawah tabungan yang kita kiliki atau sesuai kebutuhan/kemampuan untuk mencicilnya.
Bagi anggota Credit Union justru ini pekerjaan sangat kreatif dan direkomendasikan. Yakinlah bahwa Credit Union tidak akan menawarkan sesuatu yang merugikan, apalagi pekerjaan bodoh!
Argumentasi paling sederhana mengapa menarik dan direkomendasikan adalah : tabungan anda di Credit Union diberi deviden (bunga) sebesar 15% per tahun, sedangkan Anda membayar bunga pinjaman sebesar 2% menurun adalah setara dengan 13% per tahun. Ini artinya meminjam uang sendiri di Credit Union untung 2% per tahun. Tidak ada pekerjaan bodoh di sini. Pertanyaan berikutnya kalau begitu Credit Union rugi 2%. Jawabannya adalah tidak, karena lembaga Credit Union berhadapan dengan banyak anggota maka riil penghasilan lembaga adalah tetap 2%  x  12 bulan = 24% per-tahun.
Dengan kata lain untuk anggota secara perorangan tetap menguntungkan dan secara kelembagaan juga tetap menguntungkan sebagaimana halnya dana Credit Union pada umumnya.
Contoh nyata lain kita akan lihat perlakuan dua orang yang berbeda antara anggota Credit Union dan bukan anggota.
Bila seseorang bukan anggota Credit Union memiliki uang Rp. 10.000.000,- dan akan membeli sebuah sepeda motor dengan harga juga Rp. 10.000.000,- maka perlakuan yang biasa adalah langsung ke dealer, beli dan bayar tunai. Dia akan mengatakan untuk apa membuat pusing diri sendiri dengan utang.
Namun bila hal yang sama dihadapi oleh seseorang anggota Credit Union dan mengert konsep Credit Union maka langkah yang diambil berbeda. “Bila Anda perlu jangan pakai uang sendiri, tetapi pinjam”. Langkah yang diambil adalah uang yang sama akan disimpan dulu di Credit Union, baru dipinjam kembali misalnya diangsur 5 tahun, dengan uang yang sama ia membayar sepeda motor tetap tunai. Apa bedanya ?
Bapak pertama setelah lima tahun kemudian hanya memiliki asset/harta sepeda motor yang nilainya tentu sudah turun misalnya 5 juta rupiah. Nilai asset/hartanya berarti 5 juta rupiah.
Bapak kedua seorang anggota Credit Union lima tahun kemudian akan memiliki asset yang terdiri dari : (1) Nilai sepeda motor (sama dengan Bapak pertama) Rp. 5 juta ditambah  (2) Uang Rp. 10 juta yang tetap berada di Credit Unit, dengan deviden 15% pertahun, lima tahun kemudian akan menjadi Rp. 20 juta. Bapak kedua memiliki nilai asset/harta sebesar Rp. 25 juta, sedangkan Bapak pertama hanya memiliki sepeda motor yang nilainya telah turun menjadi Rp. 5 juta dan akan terus turun.
Langkah yang diambil oleh Bapak kedua di atas bertujuan untuk mengarahkan apa yang dimiliki saat ini kepada usaha memiliki sejumlah asset yang membuat dia dan keluarganya sejahtera di masa yang akan datang. Tabungan dan pinjaman adalah dua hal berbeda.
Banyak yang unik bila kita telah mengerti benar dengan konsep Credit Union. Ini hanya ada di Credit Union dan tidak terdapat dalam lembaga keuangan manapun. Tabungan merupakan asset yang akan terus bekerja bagi pemiliknya selama 24 jam sehari, tidak mengenal siang malam, Hari minggu dan Hari Besar, sedangkan pinjaman adalah salah satu bagian yang berdiri sendiri dengan tujuan dan caranya sendiri.

C. Menabung Tanpa Membawa Uang

Ini juga cukup menarik di Credit Union. Gagasan ini bersumber dari fenomena menarik yang terjadi dalam masyarakat. Sangat sulit, tidak punya uang, tak mampu menabung, namun untuk mambayar hutang berapapun besarnya selalu mampu.
Rata-rata barang berharga seperti televisi, kulkas, kompor gas, kursi tamu hanya mampu dimiliki melalui proses kredit dan untuk mencicilnya tak mengalami kesulitan. Seorang Pegawai Negeri dengan gaji Rp. 1,5 juta mampu mamiliki mobil dengan cicilan Rp. 6 juta per bulan. Nampaknya untuk dapat memiliki harta atau barang (asset) perlu proses memaksa diri.
Konsep atau fenomena ini diangkat dalam Credit Union untuk memiliki uang berapapun besarnya. Sesuai dengan kemauan (bukan kemampuan) seperti halnya pada saat kita ingin memiliki barang. Namanya “pinjam uang untuk disimpan”. Biasa dikenal dengan nama Pinjaman Progresif atau Pinjaman Kapitalisasi. Proses inipun sama dimaksudkan untuk memaksa diri memiliki uang melalui pinjaman (hutang). Filosofinya kita tak dapat menabung secara teratur, namun mampu membayar Union mampu memiliki tabungan seperti halnya memiliki barang. Anggota mampu memiliki berapa saja yang dikehendaki. Ada anggota yang mampu memiliki tabungan ratusan juta dalam kurun waktu dua tahun melalui cara ini.

D.  Bukan Koperasi Simpan-Pinjam, Tetapi Sarana Menciptakan Kekayaan (Asset)

Bila pikiran kita hanya tertuju pada Simpan-Pinjam saja maka Credit Union tidak berarti apa-apa. Oleh karenanya para insan Credit Union enggan menggunakan nama Koperasi Simpan Pinjam. Koperasi Kredit pun rasanya kurang tepat. Yang tepat hanya Credit Union (baca pengertian Credit Union). Dalam bab terdahulu dikatakan Credit Union adalah solusi untuk kaya dan memiliki konsep lengkap untuk tujuan itu.
Kita kembali ke pengertian bahwa untuk sejahtera uang adalah sekedar alat/gagasan, bukan tujuan. Kita jangan dipermainkan uang tetapi kita yang harus memainkan uang. Contoh sederhana misalnya seseorang telah mampu menabung sebesar Rp. 3 juta di Credit Union.
Pertama ia meminjam uang yang sama untuk membeli kulkas produksi. Dalam jumlah waktu tertentu sambil menyelesaikan pinjaman membeli kulkas (kulkas membayar kulkas) ia terus menambah tabungannya misalnya Rp. 2 juta. Setelah selesai pinjaman, kini ia memiliki kulkas dan tabungan sebesar Rp. 5 juta.
Kedua dari tabungan yang sama ia meminjam Rp. 5 juta untuk mendirikan sebuah warung dan peralatan serta modalnya. Dalam jumlah waktu tertentu sambil melunasi pinjaman warungnya (kulkas + warung membayar warung) ia juga menambah tabungannya, misalnya Rp. 5 juta. Selesai pinjaman warung, kini ia memiliki kulkas + warung dan tabungan sudah menjadi Rp. 10 juta.
Ketiga ia pun kembali meminjam Rp. 10 juta untuk membeli ketinting (perahu bermotor) umumnya hanya ada di Kalimantan Timur dan dengan cara yang sama sambil menyelesaikan pinjaman ketinting (kulkas + warung + ketinting membayar ketinting) ia terus menambah tabungannya terutama dari hasil kulkas, warung dan ketinting. Setelah selesai kini ia memiliki kulkas + Warung + ketinting dan tabungan misalnya Rp. 25 juta.
Keempat, selanjutnya ia ingin memiliki sepeda motor, dari tabungan


Memahami Bunga Kredit


Ketika  anggota  akan mengajukan pinjaman biasanya anggota  akan bertanya berapa bunga yang dibebankan dan bagaimana cara perhitungannnya. Pada Program pendidikan anggota, sudah dijelaskan mengenai perhitungan bunga pinjaman  CU Bina Seroja, untuk merefresh kembali berikut ini akan dipaparkan menganai perhitungan  bunga menurun dan bunga tetap (flat) .

Untuk memudahkan pemahaman kita gunakan ilustrasi sbb:

Pada tanggal 01 Agustus, Ibu A meminjam pada CU Bina Seroja uang sebesar Rp. 24.000.000,-. Dengan tenor waktu 2 tahun. Pada tanggal 01 September  2012  ia membayar pokok pinjaman sebesar Rp.1. 000.000,- berapa besar bunga pinjamannya?
Kemudian tanggal 15 September 2012, Ia membayar pokok pinjaman sebesar Rp.1.000.000,- berapa besar bunga pinjamannya?

Bunga Menurun.
Bunga menurun yang di tetapkan adalah 2% per 30 hari.  Artinya bahwa anggota membayar bunga sesuai jumlah hari dari angsuran terakhir. Rumus perhitungannya adalah :
Bunga Menurun   :
Besar Bunga Pinjaman =               Jumlah hari meminjam x 2 % x Sisa saldo pinjaman
                                                                              30

Perhitungan bunga pada angsuran pertama:
Jmlh  hari meminjam (31 – 1) + 1 = 31 hari
Besar bunga pinj. 31/30 X 2% x 24.000.000,-  =  Rp. 496.000,-
Besarnya pokok pinjaman                            Rp.  1.000.000,-
Total yang harus dibayarkan        Rp.   1.496.000,-
Sisa saldo Pinjaman                         Rp.23.000.000,-


Perhitungan bunga pada angsuran kedua:
Jmlh hari meminjam 15 – 1  = 14 hari
Besar bunga pinj. 14/30 X 2% x 23.000.000,-  = Rp.214.700,-
Besarnya pokok pinjaman                            Rp. 1.000.000,-
Total yang harus dibayarkan        Rp. 1.214.700,-
Sisa Saldo Pinjaman                        Rp. 22.000.000,-

Demikian seterusnya, saldo pinjaman terakhir yang dijadikan patokan perhitungan. Anggota akan membayar bunga sesuai dengan jumlah hari, jika  jumlah hari lebih sedikit maka jumlah bunganya juga semakin sedikit.





Perhitungan di atas adalah perhitungan standar, dan saat  ini pada CU Bina Seroja memberikan diskon bunga untuk anggota yang mengangsur kurang dari 40 hari sebesar 3 % pertahun sehingga rumus perhitungannya menjadi seperti ini :

Perhitungan bunga pada angsuran pertama:
Jmlh  hari meminjam (31 – 1) + 1 = 31 hari
Besar bunga pinj. 31/360 X 21% x 24.000.000,- = Rp 434.000,-
Besarnya pokok pinjaman                            Rp.  1.000.000,-
Total yang harus dibayarkan        Rp.   1.434.000,-
Sisa saldo Pinjaman                         Rp.23.000.000,-

Perhitungan bunga pada angsuran kedua:
Jmlh hari meminjam 15 – 1  = 14 hari
Besar bunga pinj. 14 /360 X 21% x 23.000.000,-  = Rp.187.900
Besarnya pokok pinjaman                            Rp.   1.000.000,-
Total yang harus dibayarkan        Rp.   1.187.900
Sisa Saldo Pinjaman                        Rp. 22.000.000,-
                     
Sekarang coba anda  bandingkan

Angsuran
Tanpa diskon
Dengan diskon
penghematan
1
496.000
434.000
62.000,-
2
214.700
187. 900
26.800,-


Bunga Flat :
Bunga flat adalah bunga yang diberikan secara tetap setiap bulannya. Dan bunga  yang diberikan adalah 13% . sehingga rumusnya akan berubah menjadi :

(p x i x t): Jb = (24.000.000 x13%x2)  = Rp. 260.000,- (bunga)

Angsuran  pokok perbulan   Rp.1.000.000,-

Total pembayaran perbulan Rp.1.260.000,-

* P : pokok pinjaman
   i :suku bunga pertahun
  t : jumlah jangka waktu kredit
 jb: jumlah bulan dalam jangka waktu kredit

Lalu bagaimana anggota memutuskan untuk memakai bunga yang mana?  Jika pendapatan anda tidak flat sama di tanggal yan tetap, maka kami menyarankan bagi anggota untuk menggunakan bunga menurun. Alasannya, yang   pertama bunga menurun dihitung berdasarkan hari peminjaman, sehingga apabila anggota  bisa sering datang mengangsur/ transfer (tidak harus menunggu 30 hari) maka pinjamannya akan cepat selesai dan juga jumlah bunga  akan semakin sedikit apalagi dengan adanya diskon bunga.

Tetapi jika memang anggota menginginkan untuk membayar dengan jumlah yang tetap setiap bulan (flat) tentu kami persilahkan misal untuk para karyawan dll
Tentunya semua kembali kepada situasi dan kebutuhan anggota. Ulasan di atas adalah ilustrasi sederhana untuk memberikan pemahaman tentang bunga pinjaman dan  apabila anggota menginginkan informasi yang lebih lengkap mengenai pinjaman,  kami persilahkan untuk datang ke kantor CU Bina Seroja.

 Dan Satu hal lagi keuntungan meminjam pada   CU Bina Seroj aadalah . bagi anggota yang mengangsur tertib (kurang dari 40 hari setiap bulannnya) pada akhir tahun nanti akan mendapatkan Balas Jasa Pinjaman dari total bunga yang telah  dibayarkan.

Sumber:

11 komentar:


  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
    Balasan
    1. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  3. Pengarah WhatsApp .. +447456405237
    E-mel: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)
    Ikuti kami di instagram @
    Aasimahaadilaloanfirm
    Twitter; aasimhaloanfirm

    Halo, nama saya Neni BIN Maulida Syahir, saya tinggal di Kuching sebagai mangsa penipuan di tangan peminjam palsu. Saya telah kehilangan kira-kira RM75,000 kerana saya memerlukan modal besar sebanyak RM600,000. Saya hampir mati, saya tidak mempunyai tempat untuk pergi, bank menyerang rumah dan kereta dan suami saya meninggal dunia pada tahun 2017. perniagaan saya telah musnah, dan dalam proses saya kehilangan suami saya dan anak saya saya tidak boleh tahan lagi. Dalam perarakan 2019, semalam, saya melihat di televisyen seorang Encik Muhammad yang memberi kesaksian bahawa seorang pemimpin pinjaman terkemuka AASIMAHA ADILA AHMED membantu beliau dengan pinjaman yang besar .i mengambil nombor nombor peminjam dan menghubungi mereka akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di sebuah syarikat yang rendah faedah 1% pinjaman terpantas dan paling mudah saya dapatkan. Ibu yang baik saya ingin menggunakan peluang ini untuk mengucapkan terima kasih dan Tuhan memberkati anda. Saya juga ingin menggunakan peluang ini untuk memberi nasihat kepada rakan-rakan Malaysia, bahawa terdapat banyak penipu di sana, jadi jika anda memerlukan pinjaman, dan ingin mendapatkan pinjaman cepat, hanya mendaftar melalui Puan AASIMAHA ADILA melalui e-mel: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com). anda juga boleh menghubungi saya melalui e-mel ini:(nenisyahir@gmail.com). jika anda mempunyai sebarang keraguan. Mereka adalah satu-satunya orang yang boleh dipercayai dan boleh dipercayai yang memberikan pinjaman 100% cepat, mudah dan jaminan. Nasib baik

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum Wr. Wb

    Email:::(aditya.aulia139@gmail.com)
    (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY (ISKANDAR LENDERS) via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum Wr. Wb

    Email:::(aditya.aulia139@gmail.com)
    (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY (ISKANDAR LENDERS) via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    BalasHapus
  6. Kami menawarkan berbagai layanan keuangan yang meliputi: Perencanaan Bisnis, Komersial dan Pengembangan Keuangan, Properti dan Hipotek, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Swasta, Pinjaman Pembiayaan Kembali Rumah dengan suku bunga rendah per tahun untuk perorangan, perusahaan dan badan hukum. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga Anda dan miliki rumah impian Anda juga dengan skema Pinjaman Umum kami. Pelamar yang tertarik harus Hubungi kami melalui BBM INVITE: {D8980E0B}
    Hanya WhatsApp: (+ 44) 7480 729811
    Tel .... (+ 44) 7480 729811
    Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    BalasHapus
  7. Agen Slot Terpercaya
    Agen Situs Terpercaya

    88CSN game online yang lagi hitz dan banyak dimainin anak-anak muda sekarang lho,
    Kamu Jangan takut, game Online yang satu ini Aman dan Mudah dimainin Kok.


    atau hubungi kontaknya di Contact Kami:
    WA : 081358840484
    BBM : 88CSNMANTAP
    Facebook : 88CSN
    WWW.WES88.COM

    Ayo Cobain, selain Seru , juga menguntungkan lho
    Game mana lagi yang bisa ngehasilin Uang Asli
    Let's Play together

    BalasHapus

  8. Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY (ISKANDAR LENDERS) via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    e_mail:::[aditya.aulia139@gmail.com]
    [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp:::[+44] 7480 729811[Chats Only]
    Telephone Number☎[+44] 7480 729811[Calls Only]
    BBM INVITE:::[D8980E0B]

    BalasHapus

  9. agen sabung ayam onlin dengan makanan terbaik

    http://agensabungayam.logdown.com/post/7837751-budidaya-udang-air-tawar-untuk-ayam-bangkok-aduan


    Link Official Bolavita : http://159.89.197.59/
    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus
  10. Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY (ISKANDAR LENDERS) via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    e_mail:::[aditya.aulia139@gmail.com]
    [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp:::[+44] 7480 729811[Chats Only]
    Telephone Number☎[+44] 7480 729811[Calls Only]
    BBM INVITE:::[D8980E0B]

    BalasHapus