Sabtu, 31 Januari 2015

Koperasi Simpan Pinjam Jasa Utama Swamitra



Koperasi Simpan Pinjam Jasa Utama Swamitra








Koperasi Simpan Pinjam Jasa Utama Swamitra adalah Koperasi yang bergerak dibidang usaha simpan pinjam dan juga membantu di permodalan. Koperasi Simpan Pinjam Jasa Utama Swamitra berdiri pada tahun 2009, koperasi ini bekerjasama dengan bank Bukopin. Pusat dari Koperasi Simpan Pinjam Jasa Utama Swamitra ini berada di Bekasi tepatnya di Citragrand.
Koperasi ini terdiri dari dua belas orang personil dan menggunakan sistem online sehingga laporan bisa di printout. Koperasi ini berbeda dengan koperasi konvensional karena koperasi ini sudah modern, tingkat keakuratannya tinggi, valid data dan cara menemukan data – data dapat dilakukan dengan mudah karena sistem yang modern tersebut.
Susunan keanggotaan Koperasi Simpan Pinjam jasa Utama Swamitra ini diketuai oleh Pak Zulkilfi, dan Pak Didi sebagai sekretaris, beserta Pak Joko sebagai bendahara. Tugas dari ketua di dalam koperasi itu sendiri yaitu memantau dan mengawasi kegiatan di dalam koperasi. Kepengurusan di Koperasi ini hanya terdiri dari tiga orang, dikarenakan ini sudah sistem dari Bank Bukopin. Bank Bukopin itu sebuah bank, koperasi ini bergabung dengan perbankan sehingga tidak kerepotan dalam hal mengurus laporan, karena sudah berbasi IT.
Sasaran dari didirikannya Koperasi Simpan Pinjam Jasa Utama Swamitra ini adalah mikro usaha kecil, yaitu membantu usaha kecil dalam mengembangkan usahanya  terutama bagi yang kesulitan dalam hal ke perbankan. Karena kita tahu, askes peminjaman ke bank itu sulit karena kebanyakan para pengembang usaha kecil data karakternya informal dan legalitas usahanya tidak ada.
Berbicara mengenai masalah di dalam koperasi, Pak Taufik memberitahu kami tentang masalah – masalah yang sering timbul di dalam koperasi tersebut. Yang pertama didalam pasar atau pemasaran. Dalam hal pemasaran, swamitra kurang dapat dipandang oleh masyarakat. Masyarakat banyak yang kurang mengetahui tentang apa itu Swamitra. Dengan masalah seperti ini Koperasi Swamitra mengatasi masalah tersebut dengan cara melakukan marketing direct selling atau sering disebut aktif jemput bola. Masyarakat banyak yang belum paham dan mengerti kegiatan di dalam koperasi, jadi marketing direct selling itu bertujuan untuk mengenalkan masyarakat secara langsung tentang apa itu koperasi dan apa saja kegiatan didalam koperasi ini. Koperasi swamitra juga melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat untuk membantu masyarakat lebih mengenal dan mengetahui koperasi.
Kepengurusan dan pengelolaan di dalam koperasi tentunya harus bagus untuk membantu mengembangkan koperasi. Cara menyelesaikan dari masalah ini adalah dengan saling membantunya diantara anggota dalam koperasi. Orang atau pengurus yang sangat mengerti dan paham akan koperasi harusnya mau mengajarkan serta meberi arahan kepada pengurus koperasi lain yang kurang paham dan kurang mengerti tersebut.
Setelah berbicara tentang masalah, saya juga bertanya tentang bagaimana harapan dari koperasi Swamitra ini ke depannya. Pa Taufik berkata bahwa harapan dari koperasi Swamitra ini seperti dari misi dan tujuan koperasi yaitu koperasi Swamitra ingin mensejahterakan  anggotanya, mensejahterakan masyarakat ekonomi kecil. Koperasi Swamitra juga ingin koperasi dapat berkembang kea rah yang lebih baik lagi, dengan berharap akan banyak masyarakat kecil dan usaha – usaha informal yang bisa mendapatkan fasilitas pinjaman untuk usaha mereka. Karena perekonomian di suatu Negara itu tumbuh dari berkembangnya rakyatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar